Tentang Stringing Job


Ada beberapa hal yang harus di ketahui oleh pemain tennis tentang stringing Job. alias pemasangan senar tennis.

Beberapa hal itu adalah :
1. Kapan harus Menyenar ulang raket tennis?
ada beberapa hal yang membuat kita harus menyenar ulang senar.
pertama : kalau senar Putus (ya iyalah)
Kedua : pada saat senar kehilangan daya elastisitasnya. alias senar mati kalau dibilang orang awam. biasanya untuk senar natural gut atau synthetic gut hal ini mudah terjadi saat Senar terkena Air.
Ketiga : tension loss lebih dari 10% dari tegangan awal. misalnya di senar pertama kali 55lbs. pada saat tegangan sampai 50lbs itu saat untuk menyenar ulang.
Keempat : ingin mengikuti turnament. kenapa harus disenar ulang? karena dengan senar baru, daya elastis senar masih baru sehingga, akan menimbulkan power yang mantap tidak lupa dengan control dan comfort juga.

Bingung kapan tension loss dan kapan senar kehilangan daya elastisitasnya? ada 2 metode yang biasa dipakai untuk tahu kapan kita harus senar ulang.
1. kalau kita bermain “x” kali seminggu, maka kita harus menyenar ulang “x” kali setahun. contoh 3x seminggu = senar 3x setahun atau setiap 4 bulan
2. Kita harus senar ulang setiap 10-20 jam raket dipakai untuk main. misal ada 2 raket. masing2 raket dipakai 2 jam/ minggu, maka saat untuk senar ulang = setelah 5-10 minggu dipakai.

terserah mau pakai perhitungan yang mana, yang jelas akan kena 2-4bulan sekali untuk mengganti senar kalau main 2-3x seminggu. tidak disarankan memakai senar yang sama sampai bertahun2 karena senar tidak putus2.

2. Pakai 2 ikatan atau 4 ikatan di raket yang baik?
4 Ikatan di raket lebih baik dari pada 2 ikatan. 4 Ikatan = memakai 2 senar bisa senar yang sama bisa senar yang di hybrid. kenapa?
alasannya karena 4 ikatan akan membuat tegangan disetiap inchi raket sama tarikannya dari pada 2 ikatan. 2 ikatan akan membuat 1 sisi raket menahan tegangan lebih tinggi. tepatnya di bagian senar main yang mau ke Cross. kedua 4 ikatan lebih baik dalam mempertahankan tension dari 2 ikatan. catatan tidak semua orang bisa senar pakai 2 senar atau 4 ikatan. maka senarlah raket tenis anda ke Ahlinya.

3. Jangan pernah memakai raket yang “fresh strung” Alias baru disenar. karena akan mempercepat tension loss. ane selalu sarankan istirahatkan raket yang baru disenar lebih kurang 12-24 jam. kalau memang kebelet minimal 6 jam di biarkan supaya tension lossnya tidak terlalu cepat.

Sekian saran dari ane.
untuk yang bingung 2 ikatan atau 4 ikatan ntar foto ane masukin kemudian.

Catatan : “THERE IS NO PERFECT RACKET WITHOUT PERFECT STRINGING JOB”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s